Rabu, 15 Agustus 2018

Pilih ban truk yang sesuai dengan peruntukannya

Ukuran ban sebagai perlengkapan asli kendaraan anda dapat ditemukan pada petunjuk manual kendaraan atau tercantum dibalik pintu pengemudi, tempat penyimpanan sarung tangan/laci mobil atau dalam tempat penutup bahan bak, demikian juga saat anda akan membeli ban truk yang merupakan kendaraan angkut besar.

Dan satu hal yang terpenting yang harus kita perhatikan sebelum cara memilih ban truk, kita harus terlebih dahulu mengidentifikasi ban mana yang terbaik untuk kendaraan yang kita gunakan dan cocok dengan cara kita dalam mengemudikan kendaraan.

ban truk


Pilih ban yang mengutamakan keamanan yang baik pada saat dipakai dalam tes pengereman, handling, dan dalam kecepatan tinggi serta mempunyai daya tahan untuk hydroplaning (pembetukan lapisan air antara ban dan permukaan jalan). Biarkan tread wear, kenyamanan mengemudi, suara-suara, dan daya tahan perputaran menjadi nilai tambah saja.

Memilih ban truk sesuai dengan beban muatan karena truk berbeda dengan mobil pada umumnya yang membawa beban manusia saja, sekalipun membawa barang, mobil tidak membawa barang dengan beban berat seperti truk yang membawa beban hingga ribuan kg.

Sebagai penopang bobot dan juga pedukung kinerja laju kendaraan, ban merupakan bagian yang tak boleh dianggap remeh, baik dari jenis maupun alur kembang ban. Relief ban ini penting untuk dicermati karena akan berpengaruh pada kinerja kendaraan yang optimal.

Ketahana ban dari suatu kendaraan banyak dipengaruhi oleh berbagai macam faktor diantaranya seperti kondisi jalanan, cara pengemudi dalam menggunakan kendaraannya dan kondisi cuaca. Pada saat kita ingin membeli ban baru ada beberapa hal yang harus kita perhatikan agar nantinya kita tidak kecewa setelah membelinya. Penggunaan ban yang ceroboh akan berpengaruh pada keselamatan di jalan raya.