Selasa, 09 Februari 2021

Mobil Toyota C-HR spesifikasi

Desain kabin diklaim driver oriented. Artinya fokus pada pengemudi. Konsol tengah dibikin sedikit tinggi, memisahkan pengemudi dan penumpang. Gaya itu biasa dijumpai pada mobil sport.

Layar infotainment 7 inci di tengah dasbor juga sedikit mengarah ke pengemudi untuk jangkauan akses lebih baik. Di bawahnya ada pengatur AC digital.

Kabin didominasi warna hitam dengan sentuhan warna coklat. Pembungkus jok kulit dan bagian lingkar kemudi juga dibungkus dengan kulit untuk kenyamanan. Baaaca juga price list harga sedan BMW update terbaru

Mobil Toyota C-HR


Di dalam kabin bisa dijumpai tombol start/stop untuk kontak mesin tanpa anak kunci, cruise control, tuas transmisi shiftmatic, mode berkendara Sport dan Eco dan MID besar pada panel instrumen. Sayang tidak disertakan sunroof dan paddle shift pada Toyota CHR.

Ini bukan desain paling inovatif. Sudah banyak pabrikan lain yang menerapkan desain sejenis. Gabungan SUV kompak dengan nilai-nilai coupe yang dikemas menjadi ujud bak hatchback yang ditinggikan. Nama C-HR sendiri diambil dari Compact High Rider, yang bisa diartikan sebagai SUV berwujud compact.

Desain eksterior modern dengan banyak lekukan dan patahan bisa ditemui pada C-HR. Memang lebih terlihat agresif dan berotot dibanding HR-V. C-HR memakai filosofi diamond atau berlian untuk desainnya. Makanya banyak patahan tegas di bagian bodi.

Baca cara memilih ukuran ban mobil

Karakter coupe bisa dilihat dari handle pintu belakang yang disamarkan keberadaannya. Seolah-olah C-HR cuma punya dua pintu. Desain ini juga diterapkan Nissan Juke dan HR-V. Sedang bagian pelek menggunakan 17 inci alloy dengan desain yang biasa saja, kurang menarik.

Ground clearance C-HR lebih rendah ketimbang HR-V. Diklaim itu untuk menghasilkan pengendalian yang lebih baik. Sedang jarak antar-sumbu rodanya lebih panjang. Hasilnya kabin C-HR seharusnya punya ruang kabin dan bagasi sedikit lebih besar dari HR-V.

Mobil Baru DFSK: Apa Saja Keunggulannya?

Sayangnya lampu depan belum LED, masih halogen, tapi bisa diatur manual tinggi sorotannya. Sementara lampu kabut ada di depan dan belakang. Lampu sein juga disertakan pada spion yang mendukung pelipatan otomatis. Di buritan ada spoiler belakang di atas dan di bagian ujung tail gate. Fungsi utamanya sebagai pemanis dan aerodinamika.

C-HR dibangun dari platform global TNGA. Platform bersama itu sudah dipakai pada Prius dan Auris. Keduanya merupakan basis sedan. Makanya Toyota membanggakan C-HR karena diklaim punya handling atau pengendalian sporty yang menyenangkan.

Suspensi double wishbone di belakang juga punya kontribusi besar pada pengendalian dan rasa berkendara C-HR. Dengan suspensi itu, diklaim C-HR menawarkan pengalaman mengemudi yang belum pernah ditawarkan sebelumnya.

Sedan sport premium paling wah di dunia

Ada kenyamanan tanpa mengorbankan asyiknya mengemudi. Meski judulnya crossover SUV dengan bodi dan jarak daari permukaan tanah lebih tinggi dari sedan, diklaim C-HR masih enak dikendalikan. Bahkan gejala body roll bisa ditekan lebih jauh.

Jantung mekanis 2ZR-FBE Dual VVT-i sama dengan yang dipakai di Thailand dan Malaysia. Mesin 4-silinder 1,8 liter dengan daya 141 PS pada 6.400 rpm dan torsi puncak 171 Nm pada 4.000 rpm. Output tenaga itu sudah cukup untuk mengantar pengguna menjelajah perkotaan maupun kondisi jalanan menanjak ekstrem sekalipun.

Penyalur daya otomatis CVT yang mendistribusikan ke roda depan. Ada perpindahan 7-speed pada tuas transmisinya, meski paddle shift harus absen. Mode berkendara Sport dan Eco bisa meningkatkan pengalaman berkendara lebih menyenangkan maupun lebih irit konsumsi bahan bakar.

Mesin dengan kode FBE tergolong baru di Indonesia. Mesin itu punya keunggulan bisa minum bbm campuran ethanol. Meski belum ada di Indonesia, paling tidak, menurut TAM, kalau nanti ada di Indonesia C-HR sudah siap.

Daihatsu Sigra mulai ramai peminat

Fitur safety jadi salah satu yang dijual C-HR. Ada tujuh kantung udara, rem cakram di keempat roda, ABS+EBD+BA, vehicle stability control dan traction control system (VSC+TCS), hill-start assist control, rear view monitor system, blind spot monitor system, ISOFIX dan sabuk keselamatan tiga titik untuk semua kursi.